Membongkar rahasia ikhwan dan akhwat nyebelin. . !!!

ana-uhibbuka-fillah-yaa-ukhti1

Kegombalan di Kalangan Aktivis Dakwah

Nih dia yang ditunggu-tunggu. Hehehe…

Hal yang sangat menarik salah satunya adalah menyimak romantika di dunia aktivis dakwah. Di antara sebegitu banyak yang memiliki komitmen perjuangan, ada juga beberapa yang suatu saat kadang tergelincir pada jebakan interaksi ikhwan-akhwat. Karena memiliki amanah yang sama, sesama pengurus harian lembaga, atau berada dalam satu bidang, bisa juga dalam satu kepanitiaan, membuat interaksi kerja menjadi lebih intens.

Intensitas hubungan kerja itu suatu saat dapat menumbuhkan benih-benih simpati atau bahkan cinta di antara ikhwan dan akhwat. Hal ini bisa jadi fenomena yang wajar, karena cinta kepada lawan jenis itu fitrah manusia, katanya. =====Tapi meski fitrah, tetap aja ada resikonya, terutama pada keikhlasan beramal, sehingga bila ada bibit riya’ dan ujub bisa menghanguskan pahala yang seharusnya didapat. Namun jika ternyata tidak dapat mencegah adanya perasaan seperti itu, ya harus berusaha menjaga keikhlasan, dan tetap simpati (simpan dalam hati). Apabila perasaan itu telah mewujud pada realisasi amal, baik lisan maupun perbuatan, maka tak ayal akan terjadi juga gombalisasi di sini.

Sering seseorang ingin mengekspresikan atau menyampaikan perasaannya yang sedang membuncah karena cinta. Bagi aktivis dakwah, hal seperti ini mustinya disimpan rapat-rapat dalam lubuk hatinya, jangan sampai si “dia” memergoki adanya perasaan itu. Gengsi dong!! Namun suatu saat pertahanan itu bisa jebol manakala perasaan itu makin menjadi-jadi sedang keimanan dalam kondisi menurun. Maka lahirlah sebentuk perhatian pada si “dia”, baik berupa nasehat, tausiyah, pujian, menanyakan sesuatu (baik tanya beneran atau pun pura-pura bertanya hayoo…) atau sekadar menanyakan kabar. Entah itu lewat SMS, telpon, saat chatting, via e-mail … bisa juga dalam rapat koordinasi.

Dari pengamatan, yang paling banyak terjadi adalah adanya gombalisme via SMS, kita sebut saja sebagai SMS gombal. Kita simak contoh SMS-SMS ini….
“Aslm. Apa kbr? Ukhti, ana sungguh kagum dgn semangat anti. Amanah anti di mana-mana namun semuanya bisa tetap tawazun. Anti benar-benar mujahidah tangguh. Tetep semangat ya Ukhti!”

“Salut sama Ukhti! Anti sungguh militan. Hujan deras seperti itu datang rapat dgn jalan kaki. Jaga kesehatan ya. Ana nggak rela klo Anti sampai jatuh sakit…”

Akhwat: “Aww. Apa kabar? Akhi, sedang ngapain nih? Sudah makan belum? Jangan sampai lupa makan ya..”
Ikhwan: “Www. Alhamdulillaah, menjadi jauh lebih baik setelah Anti SMS ^_^. Ane sedang memikirkan seorang bidadari dunia yang begitu anggun mempesona. Hmm… ane belum makan, tapi dah gak terasa lapar klo ingat sama Anti…”
(Halah… gombal semua tuh!!!)

Ada yang lebih parah nih … kayak gini:
“Aww. Wah .. Anti makin terlihat anggun dengan jilbab biru tadi…”

“Assalaamu ‘alaikum. Apa kbr? Lama nggak kontak ya. Ane kangen ma suara Anti…”

“ … Ane janji akan menikahi Anti setelah lulus nanti ….”

Oh .. NOOOOOOOOOOOO!! Aneh-aneh aja isi SMS-nya. Mungkin lebih banyak lagi SMS-SMS aneh lainnya yang belum terdeteksi. Hmm.. bagaimana reaksi si penerima? Ya bervariasi, ada yang cuek saja, ada yang merasa risih, ada yang membalas biasa, ada yang bertanya-tanya bin penasaran, ada juga yang suka dan berbunga-bunga, ada yang kemudian menaruh harapan. Kita simak penggalan berikut…

Pada dini hari sekitar pukul dua pagi, suara berisik nada SMS membangunkan seorang akhwat dari perjalanan tidurnya. SMS dari siapa nih malam-malam gini, pikirnya. Serta merta dia buka SMS-nya, hah… dari seorang ikhwan, bunyinya:
”Wahai Ukhty, segera terjagalah dari mimpi indahmu, bangunlah dari peraduanmu, basuhlah wajah dan anggota tubuhmu agar bersinar di hari kemudian, bersujud dan bersimpuhlah kepada Allah, agungkanlah Asma-Nya. Niscaya Allah akan meridhoi langkah kita dan mengabulkan cita dan harapan kita.”

Sang akhwat tertegun, ngapain malam-malam begini si ikhwan itu ngirim SMS, kurang kerjaan aja. Dasar, sok perhatian! Namun tanpa sadar jari-jari lentik akhwat itu mengetik balasan:
“Jazakallah khairan, Akh. Jangan kapok tuk sering ngingetin ane ya…”
Nah lo!!

Coba dirasa-rasakan, apa SMS-SMS semacam itu tidak beresiko? Bagus sih sepertinya, membangunkan untuk sholat tahajud … tapi efek sampingnya bisa menimbulkan penyakit-penyakit hati. Bikin merajalelanya VMJ (Virus Merah Jambu). Waa.. kalau virus yang satu ini menyebar, bisa repot. Sulit nyari vaksin atau anti virusnya.

Makanya… ingat, penyebab awal perlu dicegah, yakni adanya gombalisasi. Kalau si gombal dah nyebar, maka sedikit banyak korban bisa berjatuhan. Baik ‘lecet-lecet’ ringan maupun ‘luka’ berat. Bahkan nanti gak hanya berdampak pada hati, tapi juga fisik. Lha bayangin aja … kalau jadi gak enak makan, gak nyaman tidur karena tiap mau makan .. ingat dia, mau tidur … ingat dia, mau ngapain aja ingat dia, apa gak lama-kalamaan bisa kurus tuh? Trus …siapa korbannya? Siapa lagi kalau bukan kaum wanita/akhawat. Mestinya paham dong gimana fitrah perasaan mereka. Mereka seneng dan suka bila diberi perhatian … bisa berbunga-bunga hatinya. Dan tipe cinta mereka (kebanyakan) adalah jatuh cinta sekali yang dibawa sampai mati, kayak Nurul dalam novel AAC itu loh… Trus mereka juga mudah berharap. Nah tuh … coba pikir kalau sampai mereka jatuh cinta, kemudian sampai berharap. Jika kemudian cinta dan harap itu tidak kesampaian, apa nggak sakiiiit banget nanti? Apa tega, mendholimi mereka seperti itu?

So, khususnya bagi para ikhwan, jaga diri, jaga hati, jaga gengsi. Jangan asal kirim SMS, lebih-lebih SMS gombal bin murahan. Juga .. jangan asal balas SMS, apalagi dengan SMS gombal. Ini nih contoh balasan yang ngegombal….
Akhwat : “Ane pengin rihlah, ke syurga …”
Ikhwan : “Ukhty, ke mana pun Anti mau pergi, saya akan bersedia menemani, meski taruhannya jiwa ini …” (He..he..he.. peace Ukhti ^_^ )
Nah!! Dasar gombal! Jaga gengsi dong. Ini nih…. Barisan kata berikut mungkin bisa menggambarkan ikhwan yang nggak mau nggombal.

Karena Aku Mencintaimu
Wahai Ukhty…
Karena aku mencintaimu, maka aku ingin menjagamu
Karena aku mencintaimu, aku tak ingin terlalu dekat denganmu
Karena aku mencintaimu, aku tak ingin menyakitimu

Karena cintaku padamu,
Tak akan kubiarkan cermin hatimu menjadi buram
Tak akan kubiarkan telaga jiwamu menjadi keruh
Tak akan kubiarkan perisai qolbumu menjadi retak, bahkan pecah

Karena cinta ini,
Ku tak ingin mengusik ketentraman batinmu,
Ku tak ingin mempesonamu,
Ku tak ingin membuatmu simpati dan kagum,
Atau pun menaruh harap padaku.

Maka biarlah…
Aku bersikap tegas padamu,
Biarlah aku seolah acuh tak memperhatikanmu,
Biarkan aku bersikap dingin,
Tidak mengapa kau tidak menyukai aku,
Bahkan membenciku sekali pun, tidak masalah bagiku….

Semua itu karena aku mencintaimu,
Demi keselamatanmu,
Demi kemuliaanmu.

So, sekali lagi bagi para ikhwan, jangan jualan gombal, jangan obral janji. Gak usah deh sok perhatian, terlebih lagi bilang suka atau cinta. Bisa fatal tuh akibatnya! Mau jadi orang dholim?? Tegaskan semenjak sekarang, hal seperti itu tabu kalau belum nikah. Kalau dah nikah sih … puas-puasin aja bilang cinta seratus kali sehari ama istrinya. Sampai dhower deh, terserah! ^_^

Bagi para akhwat, hati-hati binti waspada Ukh … jangan mudah digombali. Jangan percaya dengan kata-kata suka, cinta atau janji-janji. Jangan mudah menambatkan hati, jangan mudah berharap. Stay cool, calm, confident. Perisai izzahmu harus tetap kokoh. Antum tidak suka terombang-ambing kan? Antum lebih suka pada kepastian kan? Makanya jangan sampai semua itu terjadi sebelum ada hal yang konkrit, sebelum ada kepastian. Hal konkrit itu adalah, si ikhwan mengkhitbah Antum dengan datang ke orang tua Antum. Itu … baru deh, oke. Waspadalah …waspadalah …

SO SEMUANYA …. WASPADAI ARUS GOMBALISASI!!!

(Afwan jiddan jika ada yang tersinggung…!!!! Just intermezzo… ^__^)

virus merah jambu

salin dari Ratna sahabat cyber mq

86 thoughts on “Membongkar rahasia ikhwan dan akhwat nyebelin. . !!!

  1. Waspadai Gombalisasi Gombal..!!!
    wekekekeke… waspadalah para akhwat.. ada satu tips dari saya yang (semoga) mujarab dalam usaha menangkal gombalisasi global para ikhwan.. mulai dari sekarang cam-kan dalam hati dan pikiran antunna sekalian bahwa semuuuua kata-kata ikhwan yang terucap, tersirat, maupun tersurat sebelum terikrarnya ijab adalah GOMBAL.. wekekekekekk..

  2. Alhamdulillah, masih ada ikhwan yg peduli dgn fitrah perasaan & jati diri seorang akhwat.
    Jujur ane pernah mengalami hal ini, ada seorang ikhwan yg menurut ane mgkn mksd & tujuan nya baik, tp mgkn ane nya yg terlalu “GR”.
    Tapi semua itu ada hikmah nya ane semakin dekat sm Allah dan semakin kenal dengan-NYA. So, ambil positifnya aja, tapi tetap cinta Allah tak ada yang dpt menandingi. Meski si”Azzam” sekalipun..

  3. Tuch bagi para ikhwan jgn banyak gombal & janji2 deh!! Jgn slalu berkata manis kalo berhadapan dgn akhwat, biasa2 ajah!

  4. Assalamualaikum..
    wahai sahabatku semua,,
    alangkah senengnya ketika aku membaca cerita di atas.

    buat kaum laki-laki tolong di ingat ya kata-katanya..
    jangan cuma di baca doank yach…..!!

  5. untuk para ikhwan, jangan kaya anak kecil deh.. mengungkapkan cinta & sayang belum sesuai pada waktunya. Ingat!! Jangan terlalu memberi harapan kpd akhwat.

  6. mantap bro …
    ini baru cerita …
    semoga makin banyak yg sadar y …
    dan mo pindahin kekerannye ke umat yg lagi butuh perhatian …
    kl ada lagi kirim2 ke my email donk …
    sykran]

  7. bagus..terutama puisiny, boleh ng puisiny saya masukkan k novel yg sedang sy tulis? tentu tanpa menghilangkan nama si pembuat. segera dibalas y. novelny mau terbit nih..hehehe…

  8. bener tu kata yg lain. puisnya bagus^-^ bermakna. tuk para ikhwan wajib baca dipahami and dipraktekan nich…! tp bkn hanya ikhwan ja akhwat jg dnk!! kn biar kompak hehe.. ^-^!
    eh.. ada lagi nich.. tuk para ikhwan or akhwat yg sk dpt sms gombal ky gitu cukup dibaca ja g usah dibls dech..!! yg da bikn pulsa qt cepet sekarat truz,, kudu isi lg dech.. kn syang uangnya ye ga?! mending uangnya bwt makan.. hehe..^-^

  9. subhanallah akh fandi….
    antum ngasih fenomena skaligus solusinya….

    applause…
    prok300x…

    ne dn tman2 termasuk yang ngerasa tersinggung ….
    Astaghfirullah…
    salam
    keep hamasah

  10. wah keren..cuma aku ragu kalo akhwat dikasih PUISI diatas terus menjadi tidak ada rasa dengan kita. Justru malah sebaliknya…n malah bisa jadi segombal-gombalnya rayuan lho..mending kalau mau menghindar sebaiknya tegas saja, sedangkan puisi itu dikatakan dalam hati saja..

  11. assamu’alikum, duh ana juga pernah mengalami hal itu. yang membuat terbunga-bunga adalah saat gombal-gombal banyak menyerang. duh kenapa agak terniang-niang.tp salah gak sih bila kita py feeling dg ikhwan

      • aslm’alaikum….

        af1 ikutan nanya…:
        tapi kan kalau kita udah punya feeling slalu ada rasa ingn trus brusaha dkt ma ikhwan itu…..tau paling engga ingt ma ikhwan itu..trus gimana ka buat ngatasi biar virus merah jambu itu tak merasuki kita..(merasuki heuheu ^^)…..mnta solusiny..

    • To: Komentator atas nama “sofie” Okt 08, 2009 @ 04:46:55
      >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
      Maafkan atas kelancangan saya sebagai sesama muslim saya hanya melakukan kewajiban saja untuk saling mengingatkan bahwa salam yang anda tulis itu sbb: “assamu’alikum” Kalimat itu bukanlah salamnya orang islam tapi salamnya non muslim

      Sedikit koreksi dari saya BERHATI-HATILAH DALAM MENULIS/MENGUCAPKAN SALAM “tolong perhatikan kalimat salam yang anda tulis itu..! di situ anda menulis “assamu’alikum” dan bukan “assalamu’alikum” tahukah anda apa artinya ASSAMU’ALAIKUM? itu artinya “SEMOGA KEMATIAN MENIMPA BAGI KAMU/KALIAN” karena makna “ASSAMU” adalah “KEMATIAN” sehingga jika mendapatkan kalimat seperti itu diharuskan bagi kita menjawab Assamu’alaikum itu dengan kalimat “WA’ALAIKUM” saja, yg artinya “DAN SEMOGA JUGA BAGI KAMU/KALIAN”. Jawaban itu juga berlaku bagi salamnya non muslim, baik yg ditulis/diucapkannya itu sesuai maupun tidak sesuai dengan salamnya orang Islam maka jawabannya tetap seperti itu.

      Allah berfirman:
      “Dan apabila mereka datang kepadamu, mereka mengucapkan salam kepadamu dengan memberi salam yang bukan sebagai yang ditentukan Allah untukmu. Dan mereka mengatakan kepada diri mereka sendiri: “Mengapa Allah tiada menyiksa kita disebabkan apa yang kita katakan itu?” Cukuplah bagi mereka neraka jahanam yang akan mereka masuki. Dan neraka itu adalah seburuk-buruk tempat kembali.” (Q.S.58.8)

      PEMBAHASAN :
      ——————
      ASSAMU’ALAIKUM ADALAH SALAMNYA NON MUSLIM

      A. MENJAWAB SALAMNYA NON MUSLIM
      ——————————————————
      Berkata Hisyam bin Zaid bin Anas bin Malik: Saya pernah mendengar Anas bin Malik berkata: Seorang Yahudi pernah lewat dihadapan Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam lalu dia mengucapkan (salam dengan ucapan): ASSAAMU’ ALAIKA. Maka Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam menjawabnya: “WA’ALAIKA. Kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda (kepada para Shahabat): “Tahukah kamu apa yang dia ucapkan? Dia mengucapkan (salam kepadaku dengan ucapan): AS SAAMU’ALAIKA.” Para shahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, bolehkan kami membunuhnya? Beliau menjawb: “Jangan! (Tetapi) apabila Ahlul Kitab memberi salam kepada kamu maka jawablah: “WA’ALAIKUM (saja).”(HR. Bukhari no. 6926).

      Allah berfirman:
      “Dan apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa).Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.” (QS. An Nisaa’ : 86).

      Ayat tersebut sebagai perintah Allah yang bersifat UMUM dan MUTLAK. maka dari itu dapat dikeluarkan suatu hukum juga yang berkaitan dengan SALAM yaitu bahwa menjawab salamnya orang non muslim yang ditujukan kepada kita, baik salam yang diucapkannya itu sesuai maupun tidak sesuai dengan salamnya orang Islam adalah tetap WAJIB hukumnya bagi kita orang islam menjawabnya dengan “WA’ALAIKUM (Dan semoga juga bagi kamu/kalian)” dengan tidak berlaku kasar, krn yg demikian itu ajaran rasulullah kepada para sahabat sebagaimana hadits di atas yaitu menjawabnya dg kalimat serupa dalam maksud yg terkandung didalamnya.

      B. MEMULAI SALAM KEPADA NON MUSLIM
      ————————————————————
      ada 2 pendapat dalam memulai ucapan salam kepada non muslim itu, yaitu 1) diperbolehkan 2) tidak diperbolehkan

      1). pendapat yg memperbolehka berdasarkan nash alqur’an, yaitu:

      ”Wahai orang-orang yang telah beriman, janganlah memasuki rumah-rumah selain dari rumah kamu, sehingga kamu meminta izin dahulu dan memberi salam kepada penghuninya; itu lebih baik bagi kamu, mudah-mudahan kamu mengingat.” (Quran 24:27)

      Imam Ibnul Qayyim dalam kitab Zaadul Ma’aad jilid 2 halaman 424 menuliskan bahwa sebagian ulama membolehkan untuk mendahului non muslim dalam memberi salam demi kemashlahatan yang kuat dan nyata dibutuhkan, atau karena kwatir dari ulah non muslim itu, atau karena adanya hubungan kekerabatan denganmereka. Atau karena sebab-sebab lain yang seperti itu

      Berikut Beberapa Hadits Nabi:

      Apabila engkau menjumpainya engkau berikan salam kepadanya” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

      Maukah kamu aku kutunjukkan kepada sesuatu yang apabila kamu lakukan kamu akan saling mencintai? Yaitu sebarkanlah salam di antara kamu”(HR. Muslim)

      Wahai manusia, sebarkanlah ucapan salam, hubungkanlah tali kekerabatan, berilah makanan, dan sholatlah pada waktu malam ketika orang-orang tengah tertidur, engkau akan masuk surga dengan selamat” (HR. Muslim)

      “sesungguhnya seseorang itu akan mendapat balasan sesuai apa yang telah diniatkannya” (HR. Bukhori dan Muslim).

      2). Pendapat yang tidak memperbolehkan berdasarkan hadits Nabi yaitu:

      “Janganlah kalian memulai kaum yahudi dan jangan pula kaum nashrani dengan ucapan salam ” [Hadits Riwayat Muslim dalam As-Salam 2167]

      PENUTUP
      ————
      Setiap anak adam sering berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah yang segera bertaubat” (Hadist Shohih Riwayat Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Majah dan ad Darimi)

      KATA HIKMAH : “HIDUP BERBUAT SALAH ADALAH INSANI TAPI HIDUP DALAM KESALAHAN ADALAH SETANI”

      SEKALI LAGI MAAF “WALLAHU A’LAM BISH SHOWAB”

  12. Assalamu’alaikum…hohohoho…ikhwan gombal???…bilang aja….” ‘afwan, cukupkan sekian apa yang nt smskan” mungkin sadis, tapi sama ikhwan yang kayak begitu akhwatnya kudu tegas bilang! kalo ga hal2 yg menjadikan aneh2 itu bisa muncul..yang penting lagi ni…ruhiy perlu diperkuat,,,

  13. asslm..tlisannya bnar2 bs mmuhasabah diri ini..
    mmang cinta dlm hati lebih baik drpd d umbr sblm wktunya..
    tp ana jd tkut dn illfeel klo ad lki2 yg ska gmbal, wlpn ana ada prasaan dg lki2 it..(lho kok jd curht neh..)
    thanks sdh d sndir lwt tlisan ini,,

  14. subhanallah..
    bagus bgt puisinya..
    akhir2 ni mank bnyak banget aktivis yang terjebak dalam masalah vmj. mereka dgn mudahnya mengungkapkan perasaan tanpa adanya alasan yang jelas.
    syukron.. puisinya menginspirasi..

  15. hemm…sepertmy!! klo sdh bertmu dan serng bicara,sedng bunga sdh terlanjur mengkar…sedikit susah nie… mendingan jauhin aja ya, jodoh ditangan Allah! eits…tpkan kita harus berusaha, do’a bisa ngengubah takdirkan?? jd gmn???

    sdh..sdh, mendingan mikirin proker yg blum jalan nih!!

  16. serat dgn nasehat…. byk hikmah yg bs qt ambil n mjadi pelajaran. qt tdk bs saling mnyalahkan……. intinya ada pd hati qt. mnurut ana sm aj ikhwan n akhwat. siapa sj bs mmulainya…. Perbyk do’a agr ht qt tjaga n jgn skali2 mberi ruang. 1 lg jgn malas ikut kajian + mbaca buku yg akn mnambah wawasan n mnambah iman qt

  17. cara ampuh menangkis I.GOMB(Ikhwan gombal) adalah dengan ketegasan. harus ditegasi n digalaki…….
    tips pencegahan: 1.klo mau sms tausiyah jangan cuma ke 1 orang (ke semua struktur pengurus atau ke semua ikhwan-akhwat yg dikenal), sebaliknya jika lebih dari 2kali dapet sms tausiyah, coba cek ke ikhwan atau akhwat lain
    2. back to fitrah:
    – ikhwan: perbanyak shaum, jaga GB, klo udah siap nikah langsung khitbah sj
    -akhwat: “jaga” penampian (tampil rapi dan cantik tapi ga usah berpenampilan yang seolah2 ingin menarik perhatian) dan suara anti (klo ngomong jangan mendayu2),minimalisir kontak dengan ikh1 (ketemu,telpon, sms, chating)
    >>>sedikit pengalaman, semoga bermanfaat<<<<

  18. kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
    ini sindiran yang amat menohok untuk pelakunya!!!
    itulah cinta ketika tidak disandarkan pada keimanan, ia akan menghanyutkan siapapun yang lemah iman sehingga cinta yang suci itu akhirnya harus terkikis oleh kesemuan.
    dan kesemuan ini tidak hanya berlaku bagi mereka yangs sekuler abissss dengan gaya hidup yang hedonis tapi juga ternyata masih terselip dibeberapa oknum ikhwan maupun akhwat.
    bagi yang belum mengalami ingat kata bang napi “WASPADALAH!!! ”
    bagi yang sedang mengalami ” Bertobatlah!!!”

  19. Subhanallah… Keren akh!

    Makanya, kalo ada ikhwan yang SMS aneh bin sok perhatian ketika sakit, akhwatnya cukup bilang,”jazakallah”… tanpa embel-embel mesra lainnya.

    Kalo perhatian sang ikhwan sampe ngebangunin malem2 and gombalisasi mah, langsung katakan,
    “Afwan ya akh, tolong SMS ana mulai pagi dan selarut2nya sampe jam 9 malam. SMS ana hanya untuk kemaslahatan umat, supaya dakwah kita diberkahi Allah.”
    Titik! And say bye-bye…

    Jika sang ikhwan adalah pria yang mengutamakan kemuliaan, pasti dia akan berhenti ‘menggoda’. Jika dia telah berhenti menggoda, berarti Allah menyelamatkan sang akhwat dari jerat dahsyat yang menyayat-nyayat. La haula wala quwwata illa billah🙂

  20. Ping-balik: Karena aku mencintaimu… « Proud To Be A Muslimah

  21. astaqfirulllah….ikhwan skg PINTER GOMBAL!!!ckckck so kudu hati2 bget u/ akhwat.sbab gmana pun mreka cowok jga,dgan titel ikhwannya!waspadalah waspadalah

  22. afwan pd sluruh ahwat yang sudah terzolimi dengan bahasa2 ana
    moga tak ada lagi kata2 mengusik jiwa membuyarkan asa
    maafkan jika diri terlalu kagum dengan kehadiran ukhti2 smua
    Ya Rabb kepadaMu kumohon bimbingan terhadap hati ini
    smoga tak tersalah pilihan.. untuk mencintai
    Ampuni aku atas segala salah dan dosa
    pertemukan aku dengan seseorang …
    yang mencintai-Mu
    mencintai Rasul-Mu
    mencintaiku
    dan aku cintai….

  23. Ping-balik: Istiqomah Jaga Hati « Blognya "Hifdzi Ulil Azmi"

  24. Ping-balik: Demi..Dia « Wadahbasyiroh's Blog

  25. waah….benar sekali,, jadi hati-hati menjaga hati.

    tapi kalau gombalannya sesama akhwat (canda-candaan saja) ngak apa-apa kan?😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s